3D STUDIO MAX

3D STUDIO MAX

3D Studio Max
Sejarah
Produk asli 3D Studio diciptakan untuk platform DOS oleh Grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk. Setelah 3D Studio DOS Release 4, produk tersebut ditulis ulang untuk platform Windows NT, dan berganti nama menjadi “3D Studio MAX.” Versi ini juga awalnya diciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh Kinetix, yang pada saat itu divisi Autodesk media dan hiburan. Autodesk membeli produk ini di tanda rilis kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan diinternalisasi seluruhnya selama dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk diubah menjadi “3ds max” (semua huruf kecil) untuk lebih sesuai dengan konvensi penamaan Discreet perusahaan, sebuah perangkat lunak berbasis di Montreal yang telah dibeli Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut lagi dicap dengan logo Autodesk, dan namanya kembali diubah menjadi “3ds Max” (atas dan huruf kecil). Pada rilis 2009, nama produk diubah menjadi “Autodesk 3ds Max”.
Pengertian
3DS MAX Studio merupakan software untuk pembuatan desain 3d , software ini merupakan software berbayar. biasa digunakan pada saat ini karena kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak. Dibentuk Autodesk Media & Entertainment. Software ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max sudah ada 3ds max 2014.
Kegunaan
3D studio max atau biasa dikenal dengan 3ds max merupakan salah satu software yang sangat populer di dunia animasi, karena mudah dipelajari dan praktis digunakan, dan juga tidak hanya untuk membuat animasi, 3ds Max juga dapat digunakan bagi desainer atau arsitek atau para pengembang game atau bagi siapa saja yang ingin mevisualisasikan karya-karya mereka, dan juga 3ds Max dapat berintegrasi dengan software-software lain seperti Photosop, Flash, AutoCad, bahkan dengan software yang secara teknis memiliki fungsi yang sama digunakan dengan plug-in yang digunakan untuk software lain.beberapa fungsi serta  kegunaan  lainnya yaitu diantaranya :
  1. Architecture Design
  2. Interior Design
  3. Landscape Design
  4. Cartoon Design
  5. Logo Design
  6. Stage Design
  7. Product Design
  8. Stand Design
  9. Game Design
  10. Furniture Design
Fitur-fitur
fitur
  1. Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat.perintah-perintah ini biasanya berbentuk teks.
  2. Tool Reactor,  berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor.  Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor
  3. Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah  biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.dan kurang lebih seperti create,modify,hierarcy, motion,display, dan utility.
  4. Viewport, merupakan  area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user.  Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
  5. Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar seperti tampak pada gambar di bawah ini :
    tool
a.Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b. Redo merupakan kebalikan dari undo
c. Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
d. Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e. Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f. Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g. Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
h. Select by namedigunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i. Select and movedigunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j. Select and rotatedigunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k. Select and scaledigunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l. Use center flyoutdigunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
m. Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n. Layer managerdigunakan untuk mengatur layer
o. Curve editordigunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p. Material editormerupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
q. Render scene dialogdigunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
r. Time Slider dan tool-tool untuk navigasi
Selain terdapat main tool yang dapat mambantu kerja kita dalam viewport terdapat juga beberapa bagian lain yang terdapat dalam scene 3ds max yang perlu kita ketahui, yaitu :
  1. Time Slider, Prinsipnya sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga kita  fahami fungsinya untuk melakukan perubahan animasi pada suatu objek.
  2. Rollout, merupakan menu gulung yang ada pada setiap perintah, berisi parameter-parameter untuk mengontrol objek.Rollout pada gambar sampel adalah Name and Color.
  3. World Axis, merupakan ikon sistem koordinat dunia yang menunjukkan arah sumbu X,Y, dan Z di setiap viewport.
  4. Slide Bar, yang berfungsi untuk memindahkan frame aktif untuk keperluan animasi.
  5. Auto Key,  untuk mengaktifkan keyframer otomatis untuk keperluan animasi.
  6. Animation Control, berisi perintah-perintah untuk mengatur pandangan dalam viewport.
Kelebihan 3D Studio Max
  • Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
  • Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah.
  • Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting.
  • Dapat menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.
Kekurangan 3D Studio Max
3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.
Tampilan awal
tampilan awal


Sumber :
Pranowo,Galih(2010). 3D Studio Max 2010 – Dasar dan Aplikasi.Jakarta: Andi Publisher.
https://ahmadarlooks.wordpress.com/software-desain-pemodelan-grafik/
http://www.tamantekno.com/2014/02/fitur-3ds-max.html
http://faisalajah.blogspot.com/2013/02/pengertian-sejarah-3ds-max.html
http://bagusfirman.blogspot.com/2013/01/3d-studio-max.html
http://siscaiicha-piggie.blogspot.com/2011/12/3d-studio-max.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa sih Perbedaan Web 1.0 2.0 dan 3.0?

Vain Glory

Permasalahan kemacetan di kota Bekasi