PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2D 3D 4D

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2D 3D 4D

 1) Film 2 dimensi (2D)
 
 https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRytivZyD05JhPG5nLLGOyldmowbAF0PD91ne3NGwAB9Mr638h09A
         karya 2 dimensi adalah karya yang memiliki dua sisi, yaitu panjang dan lebar. Maka, film 2 dimensi dapat diartikan di mana penonton dapat melihat gambar bergerak dan melihat 2 dimensi sisinya, yaitu panjang lebar dalam sebuah layar. 
Kelebihan
- suara yang lebih bersih, 
- gambar yang jelas dan proses editing yang sangat halus bahkan hampir tidak terlihat.
Contoh film 2D biasanya berbentuk kartun. dalam hal film 2d ini banyak di raih jepang
dalam hal kesuksesan. Kimi No Nawa dengan rating mencapai 9.0
 
https://i.imgur.com/2mauIm0.jpg
kelemahan yang dimiliki oleh film-film 2D adalah kualitas hasil proyeksinya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan film lainnya. Semakin besar layar yang digunakan, akan semakin berkurang kualitas film yang ditayangkan. Perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk membuat film kartun 2D memiliki kemampuan untuk mengatur gerak, membuat gambar dan mengimpor audio serta pengaturan waktu.
Ciri Ciri film 2D
-  Format film dengan teknologi 2D ini adalah, tidak adanya benang halus, 
- Suaranya yang bagus,
- Warnanya lebih cerah, dan tajam.
 
2)  Film 3 dimensi (3D)
      3 dimensi merupakan suatu karya yang tidak hanya dibatasi oleh sisi panjang dan lebar, tetapi juga menampilkan kedalaman, atau dapat dikatakan memiliki ruang. Dalam perfilman, film 3 dimensi memberikan pengalaman menonton film yang seolah nyata, di mana gambar yang ditayangkan seolah berada di luar layar. Dalam penyajiannya, biasanya penonton membutuhkan sebuah kacamata khusus dengan lensa berwarna merah dan biru. Warna merah di sebelah kiri dan biru di sebelah kanan. Kelemahan 
- jika menontonnya di bioskop, gambar yang ditayangkan akan terlihat buram dan tidak jelas jika     tidak menggunakan kacamata. 
- Penggunaan kacamata tidak selalu nyaman, terlebih bagi orang-orang yang memang membutuhkan kacamata untuk membantu penglihatan mereka.
 contoh Film
 
Image result for doraemon 3d 
 Stand By Me adalah film dari seri doraemon yang dirilis menjadi 3d dengan sesuai dengan perkembangan teknologi.
 

3) Film 4 dimensi (4D) 
Dengan suksesnya kemunculan film 3 dimensi, industry perfilman kini mulai mencoba merilis film 4 dimensi (4D) di mana penonton ditantang untuk benar-benar merasa seolah mereka berada dalam setting film tersebut. Sinema yang menayangkan film 4D memiliki ruang teater khusus yang dilengkapi dengan kursi yang dapat bergerak dan detil-detil efek lainnya seperti semprotan air untuk adegan-adegan tertentu dan juga bau sehingga penonton seperti seolah benar-benar mengalami langsung adegan yang ditayangkan.
Image result for gambar situasi film 4d 
 
 sumber
https://stely-novenus.blogspot.co.id/2015/10/teknologi-sinema-2d-3d-dan-4d-dan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa sih Perbedaan Web 1.0 2.0 dan 3.0?

Vain Glory

PERKEMBANGAN DIGITAL 3D