Pengertian Teknologi Game , Unity 3D dan Desain Skenario serta Script
Teknologi Game
Game diambil dari bahasa Inggris yang diterjemahkan yang
artinya permainan. Di dalam era perkembanganera
perkembangan teknologi yang pesat ini, seperti halnya permainan kartu, catur
dan lain-lainnya dapatditemui melalui dunia
virtual atau yang biasa kita mainkan di dalam computer.
Dengan perkembanganteknologi sekarang ini munculah berbagai sarana permainan,
misalnya Playstation 3, Xbox 360, yang berbasis sendiri maupun multiplayer .
Pengertian game menurut
beberapa ahli :
-
Menurut Chris Crawford,
seorang computer game designer mengemukakan bahwa game, pada intinya adalah
sebuah interaktif, aktifitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku
aktif, ada lawan anda.
-
Menurut Dafid
Parlett, game adalah sesuatu yang memiliki “akhir dan cara
mencapainya” & artinya ada tujuan, hasil dan serangkaian peraturan untuk mencapai keduanya.
-
Menurut
Roger Caillois, seorang
sosiolog Perancis, dalam bukunya yang berjudul Les jeux et les hommes menyatakan game adalah aktifitas yang mencakup
karakteristik berikut & fun (bebas bermain adalah
pilihan bukan kewajiban), separate (terpisah),
uncertain, non-productife, governed by rules (ada aturan),
fictitious (pura-pura).
-
Menurut Clark C. Abt,
game adalah kegiatan yang melibatkan keputusan pemain, berupaya mencapaitujuan
dengan “dibatasi oleh konteks tertentu” (misalnya, dibatasi
oleh peraturan).
-
Menurut Bernard Suits
game adalah “upaya sukarela untuk mengatasi rintangan yang tidak perlu”. “Rintangan
yang tidak perlu”.
-
Menurut Greg
Costikyan, game adalah “sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut
Pemain,membuat keputusan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya melalui
benda di dalam game demi mencapai tujuan”
-
Definisi ini dari buku Rules of Play karya Katie Salen dan Eric Zimmerman, game adalah “sistemtempat pemain melakukan kon)lik bohongan, ditentukan oleh aturan,
yang memberi hasil terukur”
Unity 3D
Fitur mengejutkan dari ekonomi Internet adalah munculnya
videogame indie. Setelah menjadi domain eksklusif seribu-juta, studio
triple-juta multi-juta dolar, sejumlah peralatan telah dikembangkan yang
membawa sumber daya pengembangan game modern ke tangan individu atau koleksi
kecil programmer dan perancang ad-hoc.
Indie ini tim pengembangan game telah menunjukkan kelincahan dan
toleransi risiko yang, dalam banyak kasus, memungkinkan mereka untuk mendorong inovasi
gameplay lebih cepat daripada rekan-rekan anggaran besar mereka. Sejumlah judul
indie yang sangat sukses miliki perdana dalam beberapa tahun terakhir, termasuk
Minecraft, Limbo, dan Super Meat Boy.
Dalam lanskap pengembangan game indie yang berkembang pesat, Unity
telah muncul sebagai standar de-facto:
-
biayanya yang murah, mudah digunakan, dan rangkaian fitur yang
luas membuatnya ideal untuk pengembangan game yang cepat. Bahkan studio besar
seperti itu
-
sebagai CCP (Developers of Eve Online) menggunakannya untuk membuat
prototipe konsep game dengan cepat. Unity menyediakan "mesin game dalam a
-
box ”- sebuah fisika dan mesin rendering dengan kait untuk
beberapa bahasa scripting, dapat diadaptasi untuk hampir semua genre video
game.
Sementara Unity memang menyediakan editor visual untuk
memanipulasi lingkungan game, Unity bukan alat pembuat game pemrograman 'nol'.
Persatuan membutuhkan kemampuan untuk memprogram menghasilkan hasil, tetapi
juga memberi Anda lebih banyak alat yang fleksibel dan kuat daripada yang bisa
dilakukan oleh program 'pembuat game'.
Unity tidak akan melakukan pekerjaan untuk Anda, tetapi itu
berhasil berfungsi untuk menurunkan penghalang untuk masuk secara substansial.
Mulai sepenuhnya dari awal dengan C ++ dan OpenGL, dapat dilakukan hari untuk
sampai ke titik di mana sebenarnya ada sesuatu yang ditampilkan di layar.
Menggunakan Unity, dibutuhkan sekitar sepuluh detik.Unity menempatkan elemen
dasar pembuatan game ke tangan programmer pemula dengan cara yang cepat dan
intuitif.
Sejarah Unity :
Unity Technologies dibangun pada tahun 2004 oleh David Helgason
(CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO) di Copenhagen, Denmark
sesudah game pertama mereka GooBall, gagal lagi dalam meraih sukses. Ketiganya
menyadari nilai sebuah engine dan tool dalam sebuah pengembangan game dan
berencana untuk menciptakan sebuah engine yang sanggup dipakai oleh semua
dengan harga terjangkau. Unity Technologies menerima proteksi dana dari Sequoia
Capital, WestSummit Capital, and iGlobe Partners.
Pada tahun 2008, Unity melihat kebangkitan iPhone dan menjadi
game engine pertama yang melaksanakan dukungan penuh pada platform tersebut.
Unity kini di gunakan oleh 53.1% developers (termasuk mobile game developer)
dengan ratusan game yang dirilis baik untuk iOS maupun Android. Pada tahun
2009, Unity mulai meluncurkan produk mereka secara gratis. Jumlah developer
yang mendaftar melonjak drastis semenjak pengumuman tersebut. Pada April 2012,
Unity mencapai popularitas yang sangat tinggi dengan lebih dari 1 juta
developer.
Kamu bisa mengunjungi WEB resminya unity 3D dan downloadlah yang
versi terbaru sampai juni 2015 ini ialah versi 5.0.2f1
pada versi ini sudah di fix bug-bug dan kesalahan pada versi sebelumnya, yang pernal aku alami yaitu tidak bisanya menulis Script “JavaScript” di MonoDevelop-Unity.
pada versi ini sudah di fix bug-bug dan kesalahan pada versi sebelumnya, yang pernal aku alami yaitu tidak bisanya menulis Script “JavaScript” di MonoDevelop-Unity.
Dengan Uity3D kita dapat membuat game 3D, FPS dan 2d game bahkan
Game Online, fitur" lain tentang Unity berikut selengkapnya :
1. Membuat Game 2D / 3D
2. Membuat Game FPS
3. Membuat Game Online.
4. Dukungan Konversi : Mobile Android, Iphone, Blackberry,
Windows, Linux, Flash, Webplayer
5. Online Publish Google Play, Android market (kita bisa jual
tuh game :v :v)
6. Dukungan kode : C#, Javascript dan Boo
7. Dukungan Extensi file, 3ds, obj, fbx
8. Dll
Desain Skenario dan
Script
Skenario/Naskah
a. Pengertian scenario/Naskah Scenario adalah
Naskah cerita yang di desain untuk di sajikan sebagai film.Naskah tersebut
berisi cerita atau gagasan yang telah didesain penyajiannya,agar komunikatif
dan menarik di sampaikan dengan media film.Penuturan scenario adalah penuturan
filmik,sehingga seseorang membaca sekenario maka uraianya harus bias membuatnya
membayangkan filmnya.Demikian pula penulis scenario ketika akan membuatnya
sudah membayangkan bagaimana setiap detail adegan yang akan berlangsung.
Pengertian mengenai Screenplay atau Skenario
menurut Syd Field dalam bukunya The Foundations of Screenwriting adalah : ”A
screenplay is a story told with pictures, in dialogue and description, and
placed within the context of dramatic structure. A screenplay is a noun – it is
about a person, or persons, in a place or places, doing his or her or their
thing. All screenplays execute this basic premise. The person is the character,
and and doing his or her thing is the action.” (1994:8). 8
Berdasarkan pengertian di atas dapat
disimpulkan bahwa skenario itu adalah sebuah naskah cerita yang menguraikan
uruturutan adegan, tempat, keadaan, dan dialog, yang disusun dalam konteks
struktur dramatik. Seorang penulis skenario dituntut untuk mampu menerjemahkan
setiap kalimat z format pandang layar bioskop atau televisi. Adapun fungsi dari
skenario adalah untuk digunakan sebagai petunjuk kerja dalam pembuatan film.
b. Teknik Penulisan skenario
1. Inti Cerita Tahap
awal dalam penulisan skenario adalah menetukan inti cerita yang akan
dikembangkan menjadi sebuah skenario. Dalam inti cerita ini kita sudah
mempunyai gambaran singkat tentang plot, karakter utama, maupun setting dari
cerita. Inti cerita ini bisa berasal dari ide/inspirasi yang kita temukan baik
dalam imajinasi atau fenomena keseharian kita. Banyak juga penulis skenario
yang mengadaptasi novel, cerpen, atau puisi untuk dikembangkan menjadi
skenario.
2. Sinopsis Sinopsis
adalah ringkasan cerita yang ditulis lengkap dengan memuat semua unsur penting
cerita berupa garis besar jalan cerita yang akan kemudian dikembangkan menjadi
sebuah skenario. Pada umumnya Sinopsis ditulis semenarik mungkin dengan maksud
menggoda pembacanya untuk membaca skenario dari sinopsis tersebut. Panjang
sinopsis biasanya dari setengah sampai dua halaman. 9
3. Karakter Karakter
atau tokoh adalah merupakan salah satu unsur terpenting dalam skenario sama
halnya dalam cerpen maupun novel. Akan tetapi dalam skenario, karakter harus
lebih dikembangkan secara lebih rinci. Hal ini juga berhubungan dengan
kebutuhan aktor atau aktris yang akan memerankan karakter tersebut. Perincian
karakter dalam skenario biasanya meliputi nama peran, jenis kelamin, usia,
ciri-ciri fisik, sifat/prilakunya, pendidikan, kebiasaan, hubungan dengan karakter
yang lain, dan sebagainya.
4. Plot Alur cerita
yang didesain atau di rekayasa untuk mencapai tujuan tertentu.Maka itu,satu
topik yang sama bisa dibuat beberapa plot,sesuai sudut pandang yang di ambil
dantujuan yang ingin di capai
5. Outline Outline
adalah susunan urutan adegan per adegan secara lebih rinci. Jadi bisa dikatakan
bahwa outline adalah penjabaran dari plot.
6. Scene Satuan
penuturan dalam scenario.Satu scene adalah kejadian yang berlangsung dalam satu
tempat dan waktu ter tentu.
7. Action atau aksi
adalah keterangan mengenai kejadian dalam setiap scene atau adegan yang
merupakan penjabaran dari Outline yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk Scene
1 dapat ditulis
sebagai berikut : EXT. DEPAN KANTOR KEPALA DEKOLAH – PAGI
Script
Dalam pemrograman komputer, naskah adalah sebuah program atau
urutan instruksi yang ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada
oleh komputer prossesor. Skrip (script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam
tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi
interpreter; skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih
kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks
itu.
Contohnya ialah penyisipan skrip assembly ke dalam program Pascal untuk
mengakses hardware pada level bahasa tingkat rendah. Skrip merupakan kumpulan
sintaks bahasa pemrograman yang siap untuk di-compile. Untuk mengetahui tentang
script, disini ada sedikit rangkuman tentang script :
·
Script adalah bahasa
yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat
di akses.
·
Jenis script sangat
menentukan statis, dinamis, atau interaktifnya sebuah situs
·
Semakin banyak script
yang digunakan maka akan terlihat semakin dinamis, dan interaktif serta
terlihat lebih bagus.
·
Bahasa dasar yang di
pakai setiap situs adalah HTM
·
Macam-macam script, PHP,
ASP, JSP, Java Script, Java Applets, VBScript.
Referensi :
Infante, Andre. 2014. Programming
a Game With Unity a Beginner’s Guide. US : makeuseof.
Seekers (2015) Pengertian Teknologi Game.[internet]. Tersedia di : https://id.scribd.com/document/253844681/Pengertian-Teknologi-Game. diakses 18 maret 2019.
Prasetyo, Danang (2010) VIDEO COMPANY
PROFILE KB-TK Hj.ISRIATI BAITURAHMAN 2. [internet]. Tersedia
di :
http://eprints.dinus.ac.id/6186/2/bab_II_A22_2006_01453.pdf. diakses 18 maret 2019.
Komentar
Posting Komentar