Perusahaan Cloud Computing dan layanan Yang di Sediakan


Amazon Web Services

Amazon Web Services (AWS) adalah penyedia layanan cloud yang aman, AWS menawarkan tenaga komputasi, ruang penyimpanan database, "content delivery network" dan fungsionalitas lainnya yang membantu banyak bisnis untuk berkembang dan menjalankan aplikasi dengan baik.
AWS memberikan banyak pilihan produk yang sangat memudahkan dalam membangun bisnis. Infrastructure as a service, adalah istilah yang tepat untuk AWS. Istilah lainnya ada juga Software as a service dan Platform as a service.
Jika diperhatikan, maka ada 5 layanan yang diberikan oleh Amazon Web Services, yakni
Layanan Komputasi: Layanan ini secara khusus dibuat untuk memberikan layanan infrastruktur bagi pengguna yang hendak menggunakan Amazon guna melakukan komputasi layaknya clustered server. Server tersebut disebut juga sebagai instance. Kamu dapat memiliki 1 instance atau lebih yang kemudian bisa disebar ke semua data center milik Amazon. Kamu juga bisa melakukan kustomisasi instance-instance tersebut sesuai dengan keinginan kamu.
Contoh Layanan Komputasi adalah;
·      Amazon Elastic Compute Cloud (EC2)
·      Elastic Load Balancing
·      Amazon Elastic Map Reduce
Layanan Penyimpanan: Layanan ini secara khusus dibuat untuk memberikan layanan infrastruktur bagi pengguna yang hendak menggunakan Amazon guna melakukan penyimpanan. Kamu bisa menggunakan layanan ini sebagai media backup atau Content Delivery Network / CDN. Data kamu nantinya akan disimpan secara aman, cepat juga bisa diandalkan.
Contoh Layanan Penyimpanan adalah;
·      AWS Storage Gateway
·      Amazon Simple Storage Service (S3)
·      Amazon CloudFront
·      Amazon Elastic Block Store (EBS)
Layanan Basis Data: Layanan ini secara khusus dibuat untuk basis data. Basis data kamu akan disimpan di Cloud nantinya. Sehingga kamu dapat mengakses data tersebut dimana saja dengan aman, terpercaya serta cepat. Jika kamu adalah pengembang aplikasi web, layanan ini sangat berguna untuk menghemat waktu ketika melakukan konfigurasi serta replikasi data.
Contoh Layanan Basis Data adalah;
·      Amazon SimpleDB
·      Amazon Relational Database Service (RDS)
·      Amazon ElastiCache
·      Amazon DynamoDB
Layanan Jaringan: Layanan digunakan secara khusus untuk mengatur jaringan layanan-layanan yang ada di dalam dan di luar cloud. Jadi, antar layanan-layanan tersebut akan menggunakan layanan Jaringan ini. Contoh, ada DNS Server yang akan membuat Kamu mudah untuk melakukan konfigurasi DNS website domain. Harganya juga terjangkau sedangkan aksesnya sangat cepat.
Contoh Layanan Jaringan adalah;
·      Amazon Route 53
·      Amazon Virtual Private Cloud (VPC)
Layanan Aplikasi: Layanan ini dibuat oleh Amazon guna melengkapi layanan-layanan yang lain.
Contoh Layanan Aplikasi adalah;
·      Amazon CloudSearch
·      Amazon Simple Queue Service (SQS)
·      Amazon Simple Workflow Service (SWF)
·      Amazon Simple Email Service (SES)
·      Amazon Simple Notification Service (SNS)
Selain macam-macam layanan di atas, Amazon Web Services juga sebenarnya masih memiliki berbagai layanan lainnya. Namun, bagi kamu yang ingin menggunakan layanan cloud utama dari Amazon, cukup mengetahui dari berbagai layanan yang sudah disebut di atas. Dari sini, jika kamu memiliki website, toko online, perusahaan start up atau bisnis lain yang berhubungan dengan cloud atau layanan di atas, kamu bisa menggunakan Amazon Web Services ini. Bahkan kamu bisa mengandalkannya untuk mempermudah berbagai urusan bisnis terkait.
Harga layanan ini bisa dikatakan cukup terjangkau karena akan memberikan kamu banyak kemudahan dalam mengelola bisnis. Kamu tidak perlu merasa dipusingkan dengan kebutuhan biaya hanya untuk menggunakan layanan ini. Memang, tergantung keputusan dan kondisi keuangan perusahaan. Bisa saja ada perusahaan yang juga menggunakan pinjaman serbaguna untuk mendapatkan layanan di atas. Kebutuhan kamu akan cloud dan berbagai layanan lainnya yang sudah disebut di atas bisa mempermudah semua urusan bisnis Anda terutama yang berhubungan dengan cloud.
Sasaran nya ditujukan kepada perusahaan-perusahaan startup dan perusahaan menengah ke atas yang membutuhkan layanan yang bagus dan mudah tanpa harus membuild dari awal.




Google Cloud Platform

 



Google Cloud Platform merupakan layanan public cloud computing dari Google yang terdiri dari beragam layanan. Platform dari Google ini menyediakan beragam layanan hosting mulai untuk komputasi, storage dan aplication development yang berjalan pada hardware Google. Google Cloud Platform Service dapat diakses oleh pengembang software, administrator cloud dan profesional IT lainnya menggunakan internet publik atau melalui koneksi jaringan dedicated.

 

Layana pada Google Cloud Platform

Google AppEngine

Google AppEngine merupakan salah satu layanan google yang memungkinkan sobat membuat dan menjalankan aplikasi berbasis web. Layanan ini mempunyai versi gratis dan berbayar yang bisa sobat gunakan, Untuk versi gratis disediakan space penyimpanan 500 MB, Kapasitas Processor dan Bandwith yang ditawarkan Google AppEngine mampu untuk 5 juta page-view setiap bulannya.
Pada saat awal di luncurkan Google AppEngine hanya mendukung bahasa pemrograman Python, kemudian dikembangkan lagi hingga mendukung teknologi Java, PHP, Go, Ruby dan dilengkapi dengan Farmework Google .Website – website skala besar seperti www.khanacademy.org dibangung dengan produk layanan Google yang satu ini, dan apabila sobat ingin belajar membuat sebuah aplikasi dengan menggunakan Google AppEngine, sobat bisa klik disini.

Google BigQuery

Layanan Google yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai tools untuk menganalisis data ukuran besar hingga ukutan mencapai Terabyte atau Petabite dengan membutuhkan waktu hanya hitungan detik. Layanan ini sangat cocok digunakan untuk aplikasi bisnis skala besar. Google BigQuery banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar untuk membantu menganalisis data transaksi bisnis mereka. untuk belajar menggunakan Google BigQuery sobat bisa klik link ini

Google Compute Engine

Google Compute Engine merupakan sebuah jenis layanan Cloud yang ditawarkan oleh Google untuk membantu kita membangun sebuah cloud server, sobat bisa mengontrol penuh mesin linux yang sobat bangun diatas server Google. Layanan ini mampu menampung aplikasi web sobat yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Ruby atau PHP. Untuk mempelajari lebih jauh mengenai Google Compute Engine, sobat bisa mengunjungi link ini

Google Cloud Storage

Google Cloud Storage merupakan salah satu produk layanan dari Google yang dikhususkan untuk para developer sebagai media untuk penyimpanan data dengan ukuran yang sangat besar. Layanan ini memungkinkan sobat untuk membuat sebuah layanan sharing file, sharing video atau sharing foto dengan sangat mudah tanpa memikirkan bagaimana cara membangun infrastuktur server.

Sasaran yang dituju pada google cloud platform adalah start up untuk membantu pemeliharan data pada database yang disediakan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa sih Perbedaan Web 1.0 2.0 dan 3.0?

Vain Glory

PERKEMBANGAN DIGITAL 3D