PENERAPAN KOMPUTASI MODERN CLOUD COMPUTING PADA PERUSAHAAN AMAZON WEB SERVICE DAN ALIBABA CLOUD



1. Pengertian Cloud Computing

Menurut Peter Mell dan Timothy Grance (2012:2) definisi Cloud Computing adalah sebuah model yang memungkinkan untuk ubiquitous (Diamanapun dan kapanpun), Nyaman, On-demand akses jaringan ke sumber daya komputasi (contoh: jaringan, server, storage, aplikasi, dan layanan) yang dapat dengan cepat dirilis atau ditambahkan. Cloud Computing sebagai suatu layanan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna dengan berbasis jaringan/internet. Dimana suatu sumber daya, perangkat lunak, informasi dan aplikasi disediakan untuk digunakan oleh komputer lain yang membutuhkan. Cloud computing mempunyai dua kata “Cloud” dan “Computing”. Cloud yang berarti internet itu sendiri dan Computing adalah proses komputasi.

2. Konsep Cloud computing

biasanya dianggap sebagai internet. Karena internet sendiri digambarkan sebagai awan (Cloud) besar (biasanya dalam skema jaringan, internet dilambangkan sebagai awan) yang berisi sekumpulan komputer yang saling terhubung. Cloud computing datang sebagai sebuah evolusi yang mengacu pada konvergensi teknologi dan aplikasi lebih dinamis. Dimana terdapat perubahan besar memiliki implikasi yang menyentuh hampir setiap aspek komputasi. Untuk end user, 10 Komputasi awan menyediakan sarana untuk meningkatkan layanan baru atau mengalokasikan sumber daya komputasi lebih cepat, Berdasarkan kebutuhan bisnis. Gambar


          




Gambaran umum Cloud computing
(Sumber Gambar: DataART)

Empat Model mengembangan cloud.

1. Public Cloud Jenis Cloud ini diperuntukkan untuk umum oleh penyedia layanannya.

2. Private Cloud Merupakan infrastruktur layanan Cloud, yang dioperasikan hanya untuk sebuah organisasi tertentu. Infrastruktur Cloud itu bisa saja dikelola oleh sebuah organisasi itu atau oleh pihak ketiga. Lokasinya pun bisa on-site 11 ataupun off-site. Biasanya organisasi dengan skala besar saja yang mampu memiliki/mengelola private Cloud ini.


3. Community Cloud Dalam model ini, sebuah infrastruktur Cloud digunakan bersama-sama oleh beberapa organisasi yang memiliki kesamaan kepentingan, misalnya dari sisi misinya, atau tingkat keamanan yang dibutuhkan, dan lainnya.

4. Hybrid Cloud yang menggabungkan baik public dan private. Untuk jenis ini, infrastruktur Cloud yang tersedia merupakan komposisi dari dua atau lebih infrastruktur Cloud (private, community, atau public). meskipun secara entitas mereka tetap berdiri sendiri, tapi dihubungkan oleh suatu teknologi / mekanisme yang memungkinkan portabilitas data dan aplikasi antar Cloud itu. Misalnya, mekanisme loadbalancing yang antar Cloud, sehingga alokasi sumberdaya bisa dipertahankan pada level yang Optimal.

3. Contoh perusahaan menawarkan jasa cloud computing

1. Amazon Web Service

Amazon Web Services (AWS) adalah penyedia layanan cloud yang aman, AWS menawarkan tenaga komputasi, ruang penyimpanan database, "content delivery network" dan fungsionalitas lainnya yang membantu banyak bisnis untuk berkembang dan menjalankan aplikasi dengan baik.
AWS memberikan banyak pilihan produk yang sangat memudahkan dalam membangun bisnis. Infrastructure as a service, adalah istilah yang tepat untuk AWS. Istilah lainnya ada juga Software as a service dan Platform as a service.


    


Tampilan dan fitur dari AWS

Beberapa produk AWS telah didesain untuk memudahkan pengguna, contohnya Elastic Compute Cloud atau EC2. Pada dasarnya EC2 adalah sebuah server virtual. Kemudahan yang ditawarkan oleh EC2 yaitu jika kita bandingkan dengan server tradisional.
Pada server tradisional, kita harus mengetahui secara detail spesifikasi server yang kita inginkan seperti apa, support, spare part, lalu penempatan di data center, dan proses tersebut bukanlah proses yang mudah. Jika kita menyiapkan terlalu banyak server, sedangkan kebutuhan komputasi tidak banyak, kita akan membuang banyak biaya. Sedangkan jika kita menyiapkan sedikit server sedangkan kebutuhan komputasi sangat banyak, hal ini akan menggangu jalannya bisnis.
Jika hari ini membutuhkan 10 server, sedangkan besok membutuhkan 20 server, lalu lusa menjadi 1 server. Hal ini sangat dimungkinkan oleh EC2. Bahkan, beberapa bisnis besar seperti Netflix, mereka sanggup membangun lebih dari 1 juta container diatas 500 r3.8xl instances.
AWS EC2 terdiri dari bermacam-macam jenis instance, seperti tipe "compute" yang menggunakan kode : c4.large atau c3.xlarge, tipe "general purpose" yang menggunakan kode : m4.large atau m3.xlarge. Kita bisa memilih sesuai dengan keperluan.
Lalu contoh berikutnya dari produk AWS adalah Kinesis Streams. Kinesis Streams adalah produk AWS yang berbasis Stream. Salah satu produk open source yang mendukung teknologi stream yaitu Apache Kafka. Jika menggunakan Apache Kafka, kita harus mengetahui cara mengoperasikannya, cara melakukan scaling, memastikan data durability, disaster recovery, high availability dan lainnya.
Dengan menggunakan Kinesis Streams, kita tidak perlu memikirkan scaling, tidak perlu memikirkan data durability, disaster recovery, high availability dan kita bisa dengan segera menggunakan layanan streaming tersebut.



2. Alibaba Cloud

Alibaba Cloud Computing didirikan pada 10 September 2009 dengan misi membangun perusahaan layanan cloud computing data-sentris canggih dan platform berbagi data Internet. Perusahaan ini menarik talenta teknis top baik domestik maupun internasional, dan berkomitmen untuk berinovasi pada teknologi di bidang Internet dan e-commerce berdasarkan pengalaman Alibaba Group di sektor e-bisnis.
Teknologi kelas dunia akan membantu Alibaba menjadi perusahaan Internet paling berpengaruh dan penyedia layanan e-commerce terbesar di dunia dan akan membawa pengalaman baru di internet dan e-commerce untuk masa depan.


1. Cloud tanpa batasan
Kurangi latensi dan terapkan secara global di jaringan internasional Alibaba Cloud dari 14 pusat data dan kelola semua wilayah melalui satu akun global.
2. Penyedia cloud terbesar di Cina
Akses jaringan cloud terbesar di Cina, termasuk 6 wilayah penyebaran dan beberapa Zona Ketersediaan di setiap wilayah.
3. Perlindungan data Anda
Sebagai perusahaan yang terdaftar di Indonesia, Alibaba Cloud mematuhi sertifikasi internasional tingkat tinggi untuk menjamin keamanan data.
4. rekor performa
Alibaba Cloud telah memecahkan rekor dalam teknologi penyortiran data, perlindungan anti-DDoS, dan pemrosesan transaksi per detik.

Sumber

https://www.pointstar.co.id/id/other-product/alibaba-cloud/
https://www.codepolitan.com/berkenalan-dengan-amazon-web-services-aws-59c134d181e85
https://www.alibabacloud.com
https://aws.amazon.com/id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa sih Perbedaan Web 1.0 2.0 dan 3.0?

Vain Glory

PERKEMBANGAN DIGITAL 3D