Pengertian Teknologi Game , Unity 3D dan Desain Skenario serta Script

Teknologi Game






Game diambil dari bahasa Inggris yang diterjemahkan yang artinya permainan. Di dalam era perkembanganera perkembangan teknologi yang pesat ini, seperti halnya permainan kartu, catur dan lain-lainnya dapatditemui melalui dunia
virtual atau yang biasa kita mainkan di dalam computer.

Dengan perkembanganteknologi sekarang ini munculah berbagai sarana permainan, misalnya Playstation 3, Xbox 360, yang berbasis sendiri maupun multiplayer .

Pengertian game menurut beberapa ahli :

-         Menurut Chris Crawford, seorang computer game designer mengemukakan bahwa game, pada intinya adalah sebuah interaktif, aktifitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif, ada lawan anda.

-         Menurut Dafid Parlett, game adalah sesuatu yang memiliki “akhir dan cara mencapainya” & artinya ada tujuan, hasil dan serangkaian peraturan untuk mencapai keduanya.

-         Menurut Roger Caillois, seorang sosiolog Perancis, dalam bukunya yang berjudul Les jeux et les hommes menyatakan game adalah aktifitas yang mencakup karakteristik berikut & fun (bebas bermain adalah pilihan bukan kewajiban), separate (terpisah), uncertain, non-productife, governed by rules (ada aturan), fictitious (pura-pura).

-         Menurut Clark C. Abt, game adalah kegiatan yang melibatkan keputusan pemain, berupaya mencapaitujuan dengan “dibatasi oleh konteks tertentu” (misalnya, dibatasi oleh peraturan).

-         Menurut Bernard Suits game adalah “upaya sukarela untuk mengatasi rintangan yang tidak perlu”. “Rintangan yang tidak perlu”.

-         Menurut Greg Costikyan, game adalah “sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut Pemain,membuat keputusan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai  tujuan”

-         Definisi ini dari buku Rules of Play karya Katie Salen dan Eric Zimmerman, game adalah “sistemtempat pemain melakukan kon)lik bohongan, ditentukan oleh aturan, yang memberi hasil terukur”





Unity 3D



Fitur mengejutkan dari ekonomi Internet adalah munculnya videogame indie. Setelah menjadi domain eksklusif seribu-juta, studio triple-juta multi-juta dolar, sejumlah peralatan telah dikembangkan yang membawa sumber daya pengembangan game modern ke tangan individu atau koleksi kecil programmer dan perancang ad-hoc.
Indie ini tim pengembangan game telah menunjukkan kelincahan dan toleransi risiko yang, dalam banyak kasus, memungkinkan mereka untuk mendorong inovasi gameplay lebih cepat daripada rekan-rekan anggaran besar mereka. Sejumlah judul indie yang sangat sukses miliki perdana dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Minecraft, Limbo, dan Super Meat Boy.


Dalam lanskap pengembangan game indie yang berkembang pesat, Unity telah muncul sebagai standar de-facto:
-         biayanya yang murah, mudah digunakan, dan rangkaian fitur yang luas membuatnya ideal untuk pengembangan game yang cepat. Bahkan studio besar seperti itu
-         sebagai CCP (Developers of Eve Online) menggunakannya untuk membuat prototipe konsep game dengan cepat. Unity menyediakan "mesin game dalam a
-         box ”- sebuah fisika dan mesin rendering dengan kait untuk beberapa bahasa scripting, dapat diadaptasi untuk hampir semua genre video game.
Sementara Unity memang menyediakan editor visual untuk memanipulasi lingkungan game, Unity bukan alat pembuat game pemrograman 'nol'. Persatuan membutuhkan kemampuan untuk memprogram menghasilkan hasil, tetapi juga memberi Anda lebih banyak alat yang fleksibel dan kuat daripada yang bisa dilakukan oleh program 'pembuat game'.
Unity tidak akan melakukan pekerjaan untuk Anda, tetapi itu berhasil berfungsi untuk menurunkan penghalang untuk masuk secara substansial. Mulai sepenuhnya dari awal dengan C ++ dan OpenGL, dapat dilakukan hari untuk sampai ke titik di mana sebenarnya ada sesuatu yang ditampilkan di layar. Menggunakan Unity, dibutuhkan sekitar sepuluh detik.Unity menempatkan elemen dasar pembuatan game ke tangan programmer pemula dengan cara yang cepat dan intuitif.
Sejarah Unity :
Unity Technologies dibangun pada tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO) di Copenhagen, Denmark sesudah game pertama mereka GooBall, gagal lagi dalam meraih sukses. Ketiganya menyadari nilai sebuah engine dan tool dalam sebuah pengembangan game dan berencana untuk menciptakan sebuah engine yang sanggup dipakai oleh semua dengan harga terjangkau. Unity Technologies menerima proteksi dana dari Sequoia Capital, WestSummit Capital, and iGlobe Partners.
Pada tahun 2008, Unity melihat kebangkitan iPhone dan menjadi game engine pertama yang melaksanakan dukungan penuh pada platform tersebut. Unity kini di gunakan oleh 53.1% developers (termasuk mobile game developer) dengan ratusan game yang dirilis baik untuk iOS maupun Android. Pada tahun 2009, Unity mulai meluncurkan produk mereka secara gratis. Jumlah developer yang mendaftar melonjak drastis semenjak pengumuman tersebut. Pada April 2012, Unity mencapai popularitas yang sangat tinggi dengan lebih dari 1 juta developer.
Kamu bisa mengunjungi WEB resminya unity 3D dan downloadlah yang versi terbaru sampai juni 2015 ini ialah versi 5.0.2f1
pada versi ini sudah di fix bug-bug dan kesalahan pada versi sebelumnya, yang pernal aku alami yaitu tidak bisanya menulis Script “JavaScript” di MonoDevelop-Unity.
Dengan Uity3D kita dapat membuat game 3D, FPS dan 2d game bahkan Game Online, fitur" lain tentang Unity berikut selengkapnya :

1. Membuat Game 2D / 3D
2. Membuat Game FPS
3. Membuat Game Online.
4. Dukungan Konversi : Mobile Android, Iphone, Blackberry, Windows, Linux, Flash, Webplayer
5. Online Publish Google Play, Android market (kita bisa jual tuh game :v :v)
6. Dukungan kode : C#, Javascript dan Boo
7. Dukungan Extensi file, 3ds, obj, fbx
8. Dll

Desain Skenario dan Script


 Skenario/Naskah

a. Pengertian scenario/Naskah Scenario adalah Naskah cerita yang di desain untuk di sajikan sebagai film.Naskah tersebut berisi cerita atau gagasan yang telah didesain penyajiannya,agar komunikatif dan menarik di sampaikan dengan media film.Penuturan scenario adalah penuturan filmik,sehingga seseorang membaca sekenario maka uraianya harus bias membuatnya membayangkan filmnya.Demikian pula penulis scenario ketika akan membuatnya sudah membayangkan bagaimana setiap detail adegan yang akan berlangsung.

Pengertian mengenai Screenplay atau Skenario menurut Syd Field dalam bukunya The Foundations of Screenwriting adalah : ”A screenplay is a story told with pictures, in dialogue and description, and placed within the context of dramatic structure. A screenplay is a noun – it is about a person, or persons, in a place or places, doing his or her or their thing. All screenplays execute this basic premise. The person is the character, and and doing his or her thing is the action.” (1994:8). 8

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa skenario itu adalah sebuah naskah cerita yang menguraikan uruturutan adegan, tempat, keadaan, dan dialog, yang disusun dalam konteks struktur dramatik. Seorang penulis skenario dituntut untuk mampu menerjemahkan setiap kalimat z format pandang layar bioskop atau televisi. Adapun fungsi dari skenario adalah untuk digunakan sebagai petunjuk kerja dalam pembuatan film.

b.  Teknik Penulisan skenario

1. Inti Cerita Tahap awal dalam penulisan skenario adalah menetukan inti cerita yang akan dikembangkan menjadi sebuah skenario. Dalam inti cerita ini kita sudah mempunyai gambaran singkat tentang plot, karakter utama, maupun setting dari cerita. Inti cerita ini bisa berasal dari ide/inspirasi yang kita temukan baik dalam imajinasi atau fenomena keseharian kita. Banyak juga penulis skenario yang mengadaptasi novel, cerpen, atau puisi untuk dikembangkan menjadi skenario.

2. Sinopsis Sinopsis adalah ringkasan cerita yang ditulis lengkap dengan memuat semua unsur penting cerita berupa garis besar jalan cerita yang akan kemudian dikembangkan menjadi sebuah skenario. Pada umumnya Sinopsis ditulis semenarik mungkin dengan maksud menggoda pembacanya untuk membaca skenario dari sinopsis tersebut. Panjang sinopsis biasanya dari setengah sampai dua halaman. 9

3. Karakter Karakter atau tokoh adalah merupakan salah satu unsur terpenting dalam skenario sama halnya dalam cerpen maupun novel. Akan tetapi dalam skenario, karakter harus lebih dikembangkan secara lebih rinci. Hal ini juga berhubungan dengan kebutuhan aktor atau aktris yang akan memerankan karakter tersebut. Perincian karakter dalam skenario biasanya meliputi nama peran, jenis kelamin, usia, ciri-ciri fisik, sifat/prilakunya, pendidikan, kebiasaan, hubungan dengan karakter yang lain, dan sebagainya.

4. Plot Alur cerita yang didesain atau di rekayasa untuk mencapai tujuan tertentu.Maka itu,satu topik yang sama bisa dibuat beberapa plot,sesuai sudut pandang yang di ambil dantujuan yang ingin di capai

5. Outline Outline adalah susunan urutan adegan per adegan secara lebih rinci. Jadi bisa dikatakan bahwa outline adalah penjabaran dari plot.

6. Scene Satuan penuturan dalam scenario.Satu scene adalah kejadian yang berlangsung dalam satu tempat dan waktu ter tentu.

7. Action atau aksi adalah keterangan mengenai kejadian dalam setiap scene atau adegan yang merupakan penjabaran dari Outline yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk Scene

1 dapat ditulis sebagai berikut : EXT. DEPAN KANTOR KEPALA DEKOLAH – PAGI


  Script

      Dalam pemrograman komputer, naskah adalah sebuah program atau urutan instruksi yang   ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer prossesor. Skrip (script)  adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter; skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu. 

         Contohnya ialah penyisipan skrip assembly ke dalam program Pascal untuk mengakses hardware pada level bahasa tingkat rendah. Skrip merupakan kumpulan sintaks bahasa pemrograman yang siap untuk di-compile. Untuk mengetahui tentang script, disini ada sedikit rangkuman tentang script :

·         Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses.

·         Jenis script sangat menentukan statis, dinamis, atau interaktifnya sebuah situs

·         Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat lebih bagus.

·         Bahasa dasar yang di pakai setiap situs adalah HTM

·         Macam-macam script, PHP, ASP, JSP, Java Script, Java Applets, VBScript.



Referensi :


Infante, Andre. 2014. Programming a Game With Unity a Beginner’s Guide. US : makeuseof.

Seekers (2015) Pengertian Teknologi Game.[internet]. Tersedia di : https://id.scribd.com/document/253844681/Pengertian-Teknologi-Game. diakses 18 maret 2019.


Prasetyo, Danang (2010) VIDEO COMPANY PROFILE KB-TK Hj.ISRIATI BAITURAHMAN 2. [internet]. Tersedia di :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa sih Perbedaan Web 1.0 2.0 dan 3.0?

Vain Glory

PERKEMBANGAN DIGITAL 3D