Alur Kerja Cloud Computing


Pada komputasi biasa,umumnya data disimpan di dalam hardisk. Kemudian,untuk mengolah data,kita harus memiliki aplikasi pengolah data dalam komputer terlebih dahulu,kemudian hasil data dapat ditampilkan melalui output atau disimpan di dalam media penyumpanan fisik.
Pada Cloud computing,fungsi penyimpanan data bahkan pengolahan data dapat dilakukan melalui server. User dapat memindahkan data dari media penyimpanan fisik (hardisk,flashdisk,cd,dvd,dan media penyimpanan fisik lainnya) ke media penyimpanan virtual di server.Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi.
Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.
Data yg tersimpan di hardisk/media penyimpanan dapat dipindahkan ke sistem cloud melalui proses upload. User tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk memindahkan serta memproses data tersebut,cukup menggunakan browser serta koneksi internet. Software dan juga memori atas data pengguna tidak berada di komputer tetapi terintegrasi secara langsung melalui sistem Cloud menggunakan komputer yang terhubung ke internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa sih Perbedaan Web 1.0 2.0 dan 3.0?

Vain Glory

PERKEMBANGAN DIGITAL 3D